Analisa Implementasi Aplikasi ELSA Speak Berbasis Mobile dalam Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris
Keywords:
Penelitian Pra-Eksperimen, Speaking Skill, ELSA SpeakAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa implementasi aplikasi ELSA Speak berbasis mobile app dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas XI di SMK PGRI Citeureup. Kefasihan dan keakuratan berbicara adalah komponen penting dari kompetensi bahasa, yang membutuhkan latihan dan pembiasaan. Kurikulum Merdeka, yang menekankan pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetisi siswa, digunakan sebagai kerangka kerja pendidikan. Namun, siswa berjuang dengan kepercayaan diri, kosakata, dan partisipasi dalam kelas bahasa Inggris, yang mengarah pada rendahnya motivasi dan kinerja yang buruk dalam kegiatan berbicara. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian eksperimen yang melibatkan 32 siswa dari kelas 11. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam keterampilan berbicara siswa. Nilai rata rata kelas juga meningkat dari 72 menjadi 75,75. Aplikasi ELSA Speak terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa, meningkatkan kepercayaan diri mereka, dan menumbuhkan lingkungan belajar yang lebih menarik dan partisipatif.
References
Bailey, K. M. (2005). Practical English language teaching: Speaking.
Brown, H. D. (2004). Language assessment: Principles and classroom practices. Perason Education.
Brown, H. D., & Lee, H. (2015). Teaching principles (pp. 42-50). P. Ed Australia.
Imran, F. (2020). The Effectiveness of Two Stay Two Stray In Teaching Reading Comprehension. Jo-ELT (Journal of English Language Teaching) Fakultas Pendidikan Bahasa & Seni Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP, 2(2), 112-120.
Creswell, J. W., & Garrett, A. L. (2008). The “movement” of mixed methods research and the role of educators. South African journal of education, 28(3), 321-333.
Mandasari, B., & Aminatun, D. (2020). IMPROVING STUDENTS’SPEAKING PERFORMANCE THROUGH VLOG. English Education: Journal of English Teaching and Research, 5(2), 136-142.
Megawati, M. (2024). MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN TEKNIK BERMAIN PERAN (ROLE PLAY) PADA MAHASISWA BAHASA INGGRIS STKIP KUSUMANEGARA JAKARTA. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 4(1), 3937-3942.
Sari, Y. N., & Margana, M. (2019). YouTube as a learning media to improve the student’s speaking ability in 21st century. Journal of English Language Teaching and Linguistics, 4(2), 263.
Ur, P. (1996). A course in language teaching (Vol. 1, No. 998, p. 41). Cambridge: Cambridge university press.
Yusri, Y., Mantasiah, R., & Jufri, J. (2018). The use of Two Stay Two Stray Model in English teaching to increase student’s learning outcome. Journal Of Advanced English Studies, 1(1), 39-43
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal REKLAMASI: Rekayasa Aplikasi, Multimedia dan Sistem Informasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.