Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Nilai Siswa Di Kejuruan Animasi dengan Algoritma ID3 dan Naive Bayes pada Siswa SMKN 3 Tangerang Selatan

Authors

  • Nurhalimah Nurhalimah Magister Teknik Informatika Universitas Pamulang
  • Tukiyat Tukiyat Magister Teknik Informatika Universitas Pamulang
  • Achmad Hindasyah Magister Teknik Informatika Universitas Pamulang

Keywords:

Gadget , Classification, Naïve Bayes , Decision Tree ID3

Abstract

Sejalan dengan berkembang pesatnya teknologi dari masa ke masa, saat ini gadget sudah merambah ke dunia Pendidikan, salah satu sekolah yang mengimplementasikannya yaitu SMK N 3 Tangerang Selatan. Dalam pengimplementasian gadget sebagai sarana belajar, belum diketahui siswa yang sudah memahami, mulai memahami dan belum memahami materi pelajaran yang diberikan. Dilihat dari permasalahan yang terjadi, maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memprediksi sejauh mana siswa menguasai materi pelajaran. Adapun metode pengolahan data yang digunakan yaitu metode classification dengan model algoritma Naïve Bayes dan Decision Tree ID3. Data training yang digunakan sebanyak 151 data dan 31 data testing. Hasil perhitungan algoritma Naïve Bayes dihasilkan nilai Accuracy = 96,67%, nilai Precision = 95,24% dan nilai recall = 96,67%, dan dari perhitungan Decision Tree ID3 dihasilkan nilai accuracy sebesar 56,67%, precision sebesar 55,24%, dan recall sebesar 50,95%. Hasil perhitungan tersebut, algoritma Naïve Bayes memiliki kinerja lebih baik dibandingkan algoritma Naïve Bayes dengan. Dan didapatkan hasil bahwa pengaruh penggunaan gadget terhadap nilai di kerjuruan animasi menghasilkan nilai kelas “Menguasai” artinya dengan adanya ijin penggunaan gadget pada proses belajar mengajar di SMK Negeri 3 Tangerang selatan hasilnya Siswa-siswi dapat menguasai pelajaran yang diberikan.

Downloads

Published

2023-08-26

How to Cite

Nurhalimah, N., Tukiyat, T., & Hindasyah, A. (2023). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Nilai Siswa Di Kejuruan Animasi dengan Algoritma ID3 dan Naive Bayes pada Siswa SMKN 3 Tangerang Selatan. Jurnal REKLAMASI: Rekayasa Aplikasi, Multimedia Dan Sistem Informasi, 2(2), 5–10. Retrieved from https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/reklamasi/article/view/184