Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Jaringan Dasar Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype pada SMK Gita Kirtti 1 Jakarta

Authors

  • Rizki Aditiya Universitas Pamulang
  • Fajar Septian Universitas Pamulang

Keywords:

Sistem Informasi, Android, Berbasis Mobile

Abstract

Perkembangan teknologi telah banyak perubahan dari zaman ke zaman. Termasuk penggunaan alat komunikasi berbasis mobile dalam membantu kinerja organisasi, salah satunya bidang pendidikan. Alat komunikasi berbasis mobile sebagai media bertukar informasi, hingga kegiatan belajar mengajar. Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) terdapat salah satu mata pelajaran jaringan dasar sebagai mata pelajaran praktikum, tentunya bahan ajar belum banyak tersedia, siswa mendapatkan penjelasan dari guru dan tidak memiliki buku pegangan yang sesuai. Hal ini membuat guru memberikan sumber belajar yang tepat sehingga meningkatkan pemahaman siswa. Kurangnya media pembelajaran menjadikan kendala siswa/siswi mengerti dan memahami mata pelajaran Jaringan Dasar dan memaksimalkan waktu yang ada pada waktu pandemi Covid-19. Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sangat tidak efektif pada pengenalan alat dan bahan pada instalasi kabel jaringan. Subjek pada penelitian ini adalah SMK Gita Kirtti 1 Jakarta. Langkah dalam pengembangan sistem adalah dengan tahap pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan studi pustaka. Sebagai pengembangan media pembelajaran, metode yang digunakan adalah prototype dengan pendekatan membuat rancangan dengan cepat dan bertahap segera dilakukan evaluasi. Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran mobile berbasis Android serta dilakukan pengujian aplikasi menggunakan black box test. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan sistem tersebut berjalan dengan baik.

References

Anisah, Dan Kuswaya. (2017) Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Pengeluaran, Penggunaan Bahan Dan Hutang Dalam Pelaksanaan Proyek Pada PT Banamba Putratama. Jurnal Simetris, Vol. 8, No. 2, November 2017, 507-518.

Astuti, I. P., Dwiyon. A., Dan Lilis. S. (2020). Prototipe Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Membaca Permulaan. Jurnal Simetris, Vol. 11, No. 1, April 2020, 151-156.

Balsamiq.Com (2019). Quick And Easy Wireframing Tool. Retrieved From Https://Balsamiq.Com/Wireframes/

Firly, N. (2018). Create Your Own Android Application. Jakarta : PT.Elex Media Komputindo.

Hartina, S., Dan Ahmaddul. H. (2021). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Berbasis Mobile Apps Untuk Mata Pelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan SMK IT. Jurnal Vocation Teknik Elektronika Dan Informatika, Vol. 9, No, Maret 2021, 181-189.

Jogiyanto. (2005). Analisis & Desain Sistem Informasi Pendekatan Aplikasi Bisnis. Yogyakarta : Andi.

Kurniawati, U., Dan Henny. D. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Kodig Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 5, Nomor 2, Tahun 2021, 1046-1059.

Oktaviani, I., Dan Marginingsih. (2018). Prototype Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Jurnal Informa Politeknik Indonesia Surakarta Vol.4, Nomor 3, 2018, 14-19.

Pradana, R. R., Dan Ade. S. (2020) Perancangan Aplikasi Game Fighting 2 Dimensi Dengan Tema Karakter Nusantara Berbasis Android Menggunakan Cnstruct 2. Jurnal Informatka Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 1, No. 2, Desember 2020, 234-244.

Presman, R. S. (2012). Software Engineering A Practitioner’s Approach (8 Ed). New York: Mcgraw-Hill.

Punkastyo, D. A. (2018) Peracangan Aplikasi Tutorial Jurus Dasar Beladiri Cimande Menggunakan Metode

Prototype. Jurnal Informatika Universtas Pamulang, Vol.3, No.2, Juni 2018, 87-93.

Putra, D. R., Dan Mahendra. A. N. (2016). Pengembangan Game Edukatif Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol.Xiv, No. 1, Tahun 2016, 25-34.

Putra, D. W., A Prasita. N., Dan Erri. W. P. (2016) Game Edukasi Nernasis Android Sebagai Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, Vol. 1, No. 1, Maret 2016, 46-58.

Rahadi, M. R., Kodrat. I. S., Dan Ike. P. W. (2016). Perancangan Game Math Dventure Sebagai Media Pembelajaran Matematka Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, Vol.4, No. 1, Januari 2016, 44-49.

Saputra, R., Septyani. T., Dan Tria. G. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Dengan Adobe Flash Pro Cs6 Pada Materi Luas Bangun Datar. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 14, Nomor 1, Januari 2020, 67-80.

Saputro, T. A., Kriswandani., Dan Novisita. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Construct 2 Pada Materi Aljabar Kelas VII. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, Vol. 4, No. 1, Maret 2018, 10-23.

Tarigan, D., Dan Sahat. S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, Vol. 2, No. 2, Desember 2015, 187-200.

Tejawati, A., Dkk (2021) Prototipe Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. Metik Volume 5, Nomor 1, 2021, Issn-P2442-9562, 12-18.

Wafiq, K. Dkk. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Fisika Dengan Model Prototype. Jurnal Ilmiah Dan Pembelajaran Informatika, Volume 06, Nomor 02, Desember 2021, 448-456.

Wahyuningtyas, R., Dan Bambang. S. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, Volume 2, Nomor 1, April 2020, 23-27.

Whitten, J.L., Dan Bentley L. D. (2012). System Analysis And Design Methods (8 Ed.). New York: Mcgraw-Hill.

Widiyanto, R. (2006). Teknik Profesional Coreldraw X3. Jakarta : PT. Media Komputindo

Downloads

Published

2024-02-16

How to Cite

Aditiya, R., & Septian, F. (2024). Pengembangan Aplikasi Media Pembelajaran Jaringan Dasar Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype pada SMK Gita Kirtti 1 Jakarta. Jurnal REKLAMASI: Rekayasa Aplikasi, Multimedia Dan Sistem Informasi, 3(1), 5–10. Retrieved from https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/reklamasi/article/view/150