MEMBANGUN APLIKASI PENGGALANGAN DONASI PADA KOMUNITAS YOUTHPED INDONESIA DENGAN TEKNIK CROWDFUNDING
Keywords:
Aplikasi, Penggalangan Donasi, Komunitas Youthoed Indonesia, CrowdfundingAbstract
Perkembangan teknologi menjamin manusia memenuhi kebutuhan informasi semakin mudah diakses dari manapun dan kapanpun melalui teknologi yakni internet. Melalui teknologi, interaksi manusia lebih fleksibel, dan cepat dalam mencapai visi, misi, dan tujuan organisasi/komunitas. Komunitas merupakan kelompok sosial di lingkungan masyarakat, terdiri dari berbagai macam individu. Youthped Indonesia merupakan komunitas dibidang metal healty, self development/self improvement bagi kaum muda. Komunitas ini selalu mengadakan event-event terkait dengan mental healty. Untuk mencapai event besar tersebut dibutuhkan sejumlah dana, sehingga peranan donatur dibutuhkan untuk keberhasilan event. Selanjutnya untuk mempermudah komunitas Youthped Indonesia mendapat dana dari para donatur dibutuhkan wadah atau media untuk donasi bagi para donaturnya. Selama ini, donasi dengan metode door to door tentunya dinilai kurang efektif dikarenakan memakan banyak waktu, tenaga, dan biaya operasional yang dibutuhkan. Kemudian akuntabilitasnya menjadi dipertanyakan apakah dana yang diperoleh berjumlah sama dengan yang diberikan donatur. Tujuan penelitian ini membangun aplikasi penggalangan donasi berbasis website. Metode penelitian yang digunakan diantaranya studi kepustakaan, observasi, pengembangan sistem dengan uml, teknik menggunakan teknik crowdfunding, waterfall model. Hasil penelitian ini berupa aplikasi penggalangan donasi agar pengelolaan mudah diakses para donatur, transparansi keuangan terjamin. Simpulan penelitian ini memuat data-data yang berkaitan dengan pengelolaan halaman kategori, projek, donatur, daftar donasi, pencairan dana, kontak, subscriber.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Maklumatika

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.