RANCANG BANGUN APLIKASI TUTORIAL TEKNIK CETAK SARING (SABLON) DAN ALAT SABLON BERBASIS ANDROID

Penulis

  • Nurul Chafid Universitas Satya Negara Indonesia

Kata Kunci:

Teknik Cetak Saring, Sablon, Kaos, Android, HTML5, Construct 2.

Abstrak

Semakin berkembangnya bisnis dalam bidang fashion di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia mulai belajar membaca peluang yang bisa dijadikan lahan bisnis dalam bidang fashion. Namun dari berbagai bisnis fashion saat ini, kaos oblong lah yang menjadi pilihan bisnis masyarakat di Indonesia terutama anak muda, mengapa ? karena pada saat ini kaos tidak lagi menjadi sederhana dan tidak hanya polos begitu saja, tentu sebuah desain atau gambar yang ada pada kaos tersebutlah yang menjadi daya tarik masyarakat Indonesia terutama anak muda. Teknik cetak saring (sablon) inilah yang digunakan untuk mencetak gambar ke kaos polos.

Kendala saat ini adalah masyrakat yang benar-benar baru memulai bisnis fashion ataupun belum tahu tentang sablon ini  mencari tutorial di internet dalam bentuk artikel, video dan gambar,dll. Namun masyarakat di Indonesia pada saat ini rata-rata lebih tertarik bermain gadget atau smartphone dari pada membaca sebuah buku atau artikel. Dengan melihat dan menganalisis permasalahan yang ada pada saat ini, saya sebagai penulis tertarik untuk memanfaatkan teknologi yang ada pada saat ini dengan membuat aplikasi tutorial sablon berbasis android.

Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan adalah jenis penelitan kualitatif dengan metode Design and Creation. Selain itu, metode perancangan Research and Development (R&D) digunakan untuk pembuatan sistem. Aplikasi ini berjalan pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Dirancang menggunakan bahasa pemrograman HTML5 dengan game engine Construct2. Dalam pemodelannya aplikasi ini menggunakan metode UML berupa Use Case Diagram , Class Diagram, Activity Diagram, Dan Sequence Diagram. Hasil dari penelitian ini adalah dihasilkannya sebuah aplikasi edukasi berbasis android diberi nama Tutorial Sablon Manual, sebuah aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana untuk edukasi pembelajaran teknik cetak saring (sablon).

 

Referensi

Adiwijaya Mohamad. 2015. Perancangan Game Edukasi Platform Belajar Matematika Berbasis Android Menggunakan Construct 2. TRANSIENT, VOL.4, NO. 1, 1-6.

Darmanto Budi. 2016. Game Edukasi Dampak Pergaulan Bebas. PROtek Vol. 03 No. 2, 1-8.

Luzar Laura Christina. 2010. Kreasi Cetak Sablon Mudah Dan Berkualitas Tinggi Pada Kaos. HUMANIORA Vol.1 No.2, 1-14.

Putra I Gusti Bagus Maha. 2014. Aplikasi Pembelajaran Pengenalan Bangun Datar Menggunakan Metode Invariant Moment. KARMAPATI Vol.3 No.1, 2.

Suprijono Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suryana Dayat. 2013. Teknik Sablon: Tahapan Dalam Menyablon. United States : CreateSpace Independent Publishing Platform.

Safaat H, Nazruddin.2014.Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Augmented Reality Pada Smartphone Android Studi Kasus:Materi Sistem Tata Surya Kelas Ix. Jurnal Sains,Teknologi dan Industri Vol.12 No.1,1-7.

Bunyan Karl. 2015. Build an HTML5 Game: A Developer's Guide with CSS and JavaScript. San Fransisco: William Pollock.

Subagio Aryadi. 2014. Learning Construct 2. Birmingham, Inggris: Packt Publishing Ltd.

Rosa A.S dan M. Shalahudin. 2014. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Jakarta: Informatika.

W. Satzinger John. 2012. Introduction to Systems Analysis and Design. Western : Cengage South.

Hakim Zainal. 2012. Sejarah Adobe Photoshop. http://www.zainalhakim.web.id/posting/sejarah-adobe-photoshop.html, diakses 17 September 2017 pukul 13.30)

Chandra K., Ian. 2013. Desain Kreatif Dengan Corelraw X4. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Chafid, N. (2023). RANCANG BANGUN APLIKASI TUTORIAL TEKNIK CETAK SARING (SABLON) DAN ALAT SABLON BERBASIS ANDROID. JI-Tech, 19(2), 14–23. Diambil dari https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/ji-tech/article/view/257

Terbitan

Bagian

Articles