Rekomendasi Lokasi SPBU di Kota Yogyakarta dengan Menggunakan Metode AHP

Penulis

  • Adennia Wibowo UPN "Veteran" Yogyakarta
  • Dwi Wahyuningrum UPN "Veteran" Yogyakarta

Kata Kunci:

Analisis Spasial, Analitycal Hierarchy Process, Peta, Sistem Informasi Geografis, SPBU

Abstrak

Zaman sudah semakin maju dan teknologi yang semakin hari semakin berkembang. Dilansir dari Proyeksi Jumlah Penduduk di Daerah Istimewa Yogyakarta (Jiwa) yang diunggah oleh Badan Pusat Statistik Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan hasil proyeksi penduduk Survei Penduduk Antar Sensus 2015 (SUPAS, 2015), terjadi kenaikan jumlah penduduk rata-rata 51.330 jiwa per tahunnya, terhitung dari tahun 2019 sampai 2023. Dikarenakan pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi, maka kebutuhan bahan bakar juga meningkat (M. Nuzullam W., 2012). Penelitian ini menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan nilai prioritas dari kriteria pembobotan. Penelitian ini menggunakan metode AHP karena metode tersebut dapat menghasilkan perhitungan nilai pembobotan yang kemudian dapat membentuk urutan kriteria pembobotan. Urutan kriteria pembobotan tersebut yang kemudian digunakan sebagai dasar untuk analisis spasial dalam menentukan lokasi pembangunan SPBU. Untuk mengatasi permasalahan di atas, maka diperlukan suatu hasil analisis spasial dari metode AHP. Terdapat beberapa penelitian yang menggunakan metode analisis spasial dan metode AHP untuk menyelesaikan permasalahan optimasi lokasi yang harus memenuhi berbagai macam kriteria. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang berjudul “Rekomendasi Lokasi SPBU di Kota Yogyakarta dengan Menggunakan Metode AHP”. Penelitian ini menghasilkan urutan kriteria prioritas dari analisis penentuan lokasi SPBU menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sehingga dapat terciptanya peta rekomendasi lokasi SPBU di Kota Yogyakarta.

Referensi

Admin Pertamina. (2022). Info-SPBU. https://kemitraan.pertamina.com/dashboard/info.html.

Adminwarta. (2022). Rancangan Kerja Pemkot Yogya 2023 Prioritas Pemulihan Ekonomi. https://warta.jogjakota.go.id/detail/index/19277.

Arfiani, Ika. (2012). Sistem Informasi Geografis untuk Pemetaan dan Pencarian Rumah Sakit di Kota Yogyakarta. Jurnal Volume ke 6, Nomor 2. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan, Jurnal Informatika.

Dede Irmayanti & Shinta Subiati. Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Pemetaan SPBU di Kabupaten Purwakarta Berbasis Web. Purwakarta: Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana.

H., Rainer & M., Oliver. (2016). An Illustrated Guide to the Analytic Hierarchy Process. Vienna: Boku, University of Natural Resourcer and Applied Life Sciences.

Mintarsih, Rizqia. (2015). Analisa Lokasi dan Keruangan - Sistem Informasi Geografis untuk Penentuan Lokasi SPBU Baru di Surabaya. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Nurdiansyah, M., Basofi, A., & Fariza, A. (n.d). Sistem Informasi Geografis untuk Penentuan Lokasi SPBU Baru di Surabaya. Surabaya.

Susilowati, T., & H., M. Faruk. (2019). Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dalam Penentuan Lokasi Home Industri di Kabupaten Pringsewu. Lampung: Expert - Jurnal Management Sistem Informasi dan Teknologi, 9(1).

Teknomo, Kardi. (2006). Analytic Hierarchy Process (AHP) Tutorial. Revoledu.com.

Padmowati, R. de Lima Endang. (2009). Pengukuran Index Konsistensi dalam Proses Pengambilan Keputusan Menggunakan Metode AHP. Bandung: Seminar Nasional Informatika 2009, ISSN: 1979-2328.

Pradharma, Putu A. dan Dwidasmara, Ida Bagus G. (2012). Penerapan Analytical Hierarchy Process (AHP) untuk Penentuan Lokasi Optimal Cabang Baru Bisnis Otomotif dalam Sistem Informasi Geografis Area Marketing. Bali: Universitas Udayana.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-28

Cara Mengutip

Wibowo, A., & Wahyuningrum, D. (2023). Rekomendasi Lokasi SPBU di Kota Yogyakarta dengan Menggunakan Metode AHP. JI-Tech, 19(2), 8–13. Diambil dari https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/ji-tech/article/view/256

Terbitan

Bagian

Articles