Panduan Pengamanan Data Pribadi Bagi UMKM Kota Bogor

Authors

  • Egi Adithia Pradana Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan
  • Fatimah Abdillah Institut Bisnis dan Informatika Kesatuan

Keywords:

UMKM, Keamanan Data Pribadi, Akun Digital, BSSN

Abstract

Di era digital seperti sekarang, cara orang memasarkan produknya atau pun produk orang lain banyak yang mulai beralih dari tradisional ke digital, Digital marketing atau pemasaran online merupakan cara bagaimana masyarakat dalam memasarkan produknya melalui internet, Namun ternyata banyak pelaku UMKM ini belum mengetahui bahwa data mereka telah dilindungi oleh undang-undang yang berlaku, seperti yang dikutip dari Verizon 2019 Data Breach Investigations Report, 43 persen dari serangan siber menarget UMKM, dan hanya 14 persen UMKM yang sudah mempersiapkan diri menghadapi ancaman tersebut.hal ini tentu saja cukup memperihatinkan. Beberapa jenis serangan yang umumnya dilakukan oleh attacker kepada pelaku UMKM adalah serangan yang menargetkan akun-akun pelaku UMKM adalah seperti Phising, Bruteforce, Social Engineering. Dari kegiatan PKM ini dapat disimpulkan bahwap perlunya kegiatan seperti pelatihan yang berkelanjutan untuk memberikan pemahaman tentang perlindungan data pribadi dan juga untuk membiasakan para pelaku UMKM lebih waspada terhadap serangan-serangan siber terhadap mereka dan kolega.

Downloads

Published

2024-08-23

How to Cite

Egi Adithia Pradana, & Fatimah Abdillah. (2024). Panduan Pengamanan Data Pribadi Bagi UMKM Kota Bogor. Jurnal GENIEMAS: Generasi Teknologi Melayani Masyarakat, 3(2), 49–54. Retrieved from https://maklumatika.i-tech.ac.id/index.php/geniemas/article/view/280